Felix dari Nola

Diterangi oleh sinar redup pelita minyak kecil, orang-orang Kristen kota Nola berkumpul mendoakan Felix, pastor mereka. Felix adalah anak seorang bekas tentara dan menjadi seorang pastor yang rajin sekali mengunjungi umat. Pada tahun 250 Kaisar Decius melancarkan pengejaran terhadap orang Kristen. Felix tertangkap dan dijebloskan ke dalam penjara. Dua kali sdah ia dicemeti setelah bajunya ditanggalkan. Tetapi Felix berhati baja dan tidak mau mengkhianati imannya. Hali ini mengobarkan kemarahan para penganiayanya. Felix dilemparkan ke dalam sel gelap tak berjendela dan lantai penuh dengan pecahan kaca. Esok hari ia harus menjalani hukuman mati.

Tuhan mendengarkan doa umat Nola malam itu : Dengan cara ajaib Felix melintasi pintu penjara satu demi satu. Tetapi ia tidak langsung bersembunyi atau menemui umatnya. Ia telah mendengar, bahwa uskup Maximus dari Nola, sedang bersembunyi di suatu tempat dalam keadaan sengsara dan memerlukan pertolongan. Maka tindakan Felix yang pertama adalah menemui gembalanya. Berjam-jam lamanya Felix berjalan terseok-seok menurutkan liku-liku lorong sempit. Sebab, seharian perutnya kosong dan badan lunglai akibat penganiayaan. Akhirnya ia berhasil menemukan uskup itu sendirian, sakit dan tak berdaya. Dengan susah payah Felix menggendongnya ke sebuah rumah, supaya uskup dapat beristirahat dan memulihkan keadaannya.

Sesaat setelah tersiar berita bahwa Felix melarikan diri, tentara dikerahkan supaya melacak dan menangkapnya kembali. Mereka juga diberi kuasa untuk melaksanakan hukuman mati seperti yang sudah diputuskan. Tetapi Felix menyembunyikan diri. Baru setelah kaisar itu digantikan oleh kaisar yang baru, Felix muncul lagi. Ketika uskup Maximus meninggal, umat meminta Felix menggantikannya. Tetapi ia menolak kedudukan terhormat itu. Ia memilih tetap sebagai imam biasa dengan hidup sederhana. Ia dihormati karena kebaikan dan keberanian selama pengejaran.

Felix dari Nola (Italia Selatan) hidup pada abad ke-3. Makamnya masih utuh dalam katedral Nola. Nama Felix berarti ‘yang berbahagia’. Peringatan akan Santo Felix ditetapkan pada tanggal 14 Januari.

Published in: on February 19, 2009 at 3:40 pm  Comments (4)  
Tags: , , ,

The URI to TrackBack this entry is: https://permana1988.wordpress.com/2009/02/19/felix-dari-nola/trackback/

RSS feed for comments on this post.

4 CommentsLeave a comment

  1. salam damai Albert🙂

    • salam damai juga buat laurencia..🙂
      thanks bgt udah mampir…

  2. Berkah Dalem .

    Tulisan anda sangat membantu saya utk mengetahui Riwayat Santo Pelindungju … nama itu aku diberikan Romo Beyluse Msf Alm sbg pembimbing dan romo pembaptisanku saat aku masih SD …

    • terimakasih mas felix sudah mampir ke gubuk online saya. salam hangat dari saudara seiman. berkah dalem🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: