Elisabet (Elisabeth)

Elisabet adalah puteri raja Hungaria. Sejak berusia lima tahun ia tinggal di benteng pangeran Turingia, bangsawan Jerman. Pada umur 11 tahun Elisabet dipertunangkan dengan Ludwig, putera pangeran itu. Penghuni benteng besar itu hidup mewah. Tetapi puteri ini tetap sederhana dan niscaya menjaga kesucian hidupnya. Ia tidak melupakan kaum miskin yang serba kekurangan. Diam-diam Elisabet menyisihkan makanan, uang dan pakaian untuk diberikan kepada mereka. Ia menolak menikmati makanan yang serba enak dan pakaian mahal. Sebab ia yakin, bahwa semua itu adalah hasil pemerasan para bangsawan terhadap rakyat kecil. Sikap ini yang tidak disukai oleh keluarga ningrat yang lain. Mereka menuduh Elisabet memboroskan kekayaan suami dengan membagi-bagikannya kepada gelandangan dan para pengemis. Suatu ketika Elisabet dipergoki suaminya, ketika sedang keluar secara sembunyi-sembunyi sambil menenteng bungkusan penuh roti dan pakaian. “Apa yang kau bawa Elisabet?” seru suaminya. Elisabet bingung tak tahu harus menjawab apa. Tetapi seperti bukan dari kemauannya, ia menjawab: “Bunga mawar, Mas!” Suaminya tidak percaya. Ia membuka bungkusan itu dan ternyata memang penuh dengan bunga mawar segar. Yang Mahabaik telah melindungi Elisabet, dan Pangeran Ludwig semakin saying kepadanya.

Saying, Ludwig dan Elisabet tidak lama hidup bersanding. Ludwig tewas terkena wabah pes dalam perjalanan ke medan perang di Tanah Suci. Elisabet diusir oleh adik iparnya, sambil menggandeng ketiga anaknya yang masih kecil . tak lama kemudian Elisabet diminta kembali ke istana atas protes orang banyak. Beberapa bulan setelah kejadian itu, ia menitipkan ketiga anaknya kepada orang yang terpercaya. Lalu Elisabet menanggalkan pakaian ningratnya dan menggantinya dengan jubah biarawati ordo ketiga Santo Fransiskus. Puteri raja itu menjadi miskin dan mengabdikan hari-hari akhirnya demi papa miskin dan menderita.

Elisabet lahir di Bratislava (Hungaria: 1207) dan meninggal di Marburg (Jerman: 1231). Ia dihormati sebagai pelindung lembaga-lembaga amal. Santa Elisabet dilambangkan dengan seorang ratu yang membawa sebakul penuh bunga mawar. Peringatan akan Santa Elisabet diperingati setiap tanggal 17 November.

Published in: on February 9, 2009 at 5:47 pm  Comments (1)  
Tags: , , ,

The URI to TrackBack this entry is: https://permana1988.wordpress.com/2009/02/09/elisabet-elisabeth/trackback/

RSS feed for comments on this post.

One CommentLeave a comment

  1. cool …… abiz …..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: