Bartolomeus

Natanael, ‘anak Tolomeus’ atau Bar-tolomeus, adalah salah seorang dari 12 murid yang dipanggil Yesus menjadi rasulNya. Ia berasal dari Kana di Galilea. Ketika diajak temannya, yaitu Filipus, untuk menemui Yesus dari Nazaret, ia menggumam : “Mungkinkah sesuatu yang baik dating dari Nazareth?” “Lihat saja!” Jawab Filipus. Dan ketika Yesus melihat Natanael, Ia berkata : “Inilah orang Israel sejati. Tidak ada kepalsuan padanya!” – “Bagaimana Bapa mengenalku?” Tanya Natanael keheranan. Jawab Yesus : “Sebelum Filipus memanggilmu, Aku telah melihatmu di bawah pohon ara!” Lalu Bartolomeus berseru : “Ya Guru, Engkaulah Putera Allah, Engkaulah Raja Israel!” (Yohanes 1 : 45-51) Bartolomeus mengikuti Yesus dan menjadi saksi wafat serta kebangkitanNya.

Diceritakan, bahwa Bartolomeus kemudian menjadi penyebar Kabar Gembira di Siria, Persia, India dan terutama pada akhir hidupnya di Armenia. Di sanalah ia dikuliti hidup-hidup sebagai martir. Jenazahnya pada abad ke-4 dipindahkan ke sebuah gereja di Roma, di sebuah pulau di tengah-tengah sungai Tiber.

Bartolomeus atau Natanael, Rasul yang berasal dari Kana (Galilea). Ia dihormati sebagai pelindung para gembala dan petani. Santo Bartolomeus dilambangkan dengan seorang yang membawa pisau jagal. Gereja Katolik Roma memperingati Santo Bartolomeus pada tanggal 24 Agustus.

Published in: on January 29, 2009 at 5:26 pm  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://permana1988.wordpress.com/2009/01/29/bartolomeus/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: