Andreas Rasul

Setiap malam, Petrus dan saudaranya Andreas mendayung sampan dan menjaring pukat di tengah danau Genesaret menangkap ikan. Suatu malam mereka mendengar cerita tentang Yohanes yang membabtis orang dan menyuruh mereka bertobat. Andreas seorang Yahudi yang saleh. Kitab suci seringkali derenungkannya. Ia mengetahui janji Tuhan yang akan mengutus Mesias, Juruselamat manusia. Maka ia pun pergi menurut bisikan hatinya meninggalkan tempat tinggalnya dan mengikuti Yohanes di tepi sungai Yordan.

Suatu hari datanglah seorang pemuda dari Nazaret. Ia meminta dibabtis. Lalu Yohanes mengumpulkan para pengikutnya dan berkata : “Lihatlah! Dialah Anak Doma Allah yang menghapus dosa dunia!” Lama Andreas terkesima dan menatap lelaki muda yang bernama Yesus itu. Malam harinya ia tidah dapat tidur. Pikirannya menerawang dan diliputi tanda Tanya besar. Keesokan harinya, ia berpamitan kepada Yohanes dan bersama Yohanes, teman sekampungnya, mencari Yesus. Ketika melihat mereka, yesus menegur : “Kalian mencari siapa?” Andreas bingung seperti kehilangan akal dan tidak tahu harus menjawab apa. Akhirnya ia memberanikan diri balik bertanya : “Rabbi tinggal di mana?” Yesus menjawab : “Mari lihat sendiri!” Maka mereka mengikuti Yesus dan tinggal bersama Dia pada hari itu.

Makin hari makin jelaslah baginya bahwa Yesus sungguh Mesias yang dijanjikan Allah. Andreas bergegas pulang mencari kakaknya. Dari kejauhan ia sudah berteriak : “Saya sudah bertemu dengan Sang Mesias!” Mendengar itu, Petrus pun serta merta meninggalkan perahu dan istrinya mengikuti saudaranya menemui Yesus. Andreas dipilih Yesus menjadi salah seorang rasulNya yang pertama. Setelah Yesus meninggalkan mereka, Andreas dengan tekun mengabarkan Injil sampai ke Rusia dan Yunani. Di tempat terakhir inilah, yakni di Patras, ia disalibkan oleh orang-orang kafir.

Andreas dan Yohanes adalah pemuda pertama yang mengikuti Yesus. Ia saudara Petrus dan dilahirkan di Betsaida dekat tasik Genesaret. Santo Andreas Rasul dilambangkan dengan salib yang menyerupai huruf ‘X’ Peringatan akan Santo Andreas diadakan setiap tanggal 30 November.

Published in: on January 29, 2009 at 3:53 pm  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://permana1988.wordpress.com/2009/01/29/andreas-rasul/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: