Albert Agung (Albertus)

Sejak kecil Albert mencintai alam semesta beserta kekayaannya. Ia tau dan hapal hamper nama semua bunga., binatang hutan, batu alam dan bintang di langit. Kelak ian menulis banyak buku tentang ilmu alam, yang sampai sekarang masih dikagumi orang. Albert belajar di Universitas Padua. Kemudian ia masuk Ordo Dominikan dan ditempatkan di Köln. Rekan-rekan biarawan segera melihat bahwa Albert pandai dan sangat bijaksana. Maka mereka mengusulkan kepada pimpinan supaya Albert mempelajari segala ilmu dan kebijaksanaan, lalu menjadi guru mereka. Dan itu terjadi : Albert menjadi mahaguru yang tersohor di Paris dan Köln. Ia dijuluki ‘ doctor universalis’, karena menghasilkan buah pena yang banyak sekali dan meliputi segala cabang ilmu. Albert bak ensiklopedi berjalan.

Thomas Aquinas adalah salah seorang muridnya. Albert mempelajari buku-buku sarjana Yunani dan Arab dan menimba ilmu dari padanya. Ia berkhotbah entah di gereja ataupun di lapangan terbuka demi kebesaran nama Tuhan. Kemudian ia diangkat menjadi uskup. Tetapi ia segera mengundurkan diri, supaya dapat belajar dan mengajar lagi. Di mana-mana orang kagum dengan kepandaiannya, baik di Jerman, Perancis, Polandia maupun di Roma. Kalau bangsawan saling bermusuhan, orang segera memanggil Albert supaya mendamaikan mereka, sehingga rakyat dapat hidup tenteram. Sampai umur 70 tahun ia masih berkeliling dari kota ke kota mengusahakan perdamaian, berkhotbah dan membantu kaum miskin.

Albert sangat mencintai Tuhan Yesus dalam komuni kudus. Ia menggubah syair dan madah indah untuk memuji Tuhan Yesus dalam Sakramen Mahakudus. Ia juga menulis buku yang indah tentang Bunda Maria. Lebih dari 50 buku tebal merupakan hasil karyanya. Albert meninggal di Köln dan dimakamkan dalam Gereja Santo Andreas.

Albertus Magnus (Agung), uskup dan pujangga gereja. Lahir di Lauingen tahun 1206 dan wafat di Köln tahun 1280. Pelindung kaum ilmuwan dan mahasiswa. Santo Albertus dilambangkan dengan seorang uskup yang sedang menulis buku. Peringatan Santo Albertus dihormati oleh gereja Katolik sedunia pada tanggal 15 November.

Published in: on January 29, 2009 at 3:33 pm  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://permana1988.wordpress.com/2009/01/29/albert-agung-albertus/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: